Skip to main content

Dearlock dan Starvation pada Sistem Operasi

 Sebutkan dan Jelaskan Pengertian Deadlock dan Starvation. Dan berikan contohnya

Deadlock

Deadlock terjadi jika dua atau lebih proses menunggu tanpa ada batas waktu. Deadlock merupakan suatu kondisi yang saling menunggu.Karena beberapa poses saling menunggu maka tidak ada proses kemajuan. Deadlock ini salah satu masalah yang biasa terjadi,sebab saling menunggu. Apalbila deadlock terjadi pada sistem komputer, maka akan terjadi efek berantai dimana sumber daya yang seharusnya digunakan oleh proses lain tidak dapat digunakan sehingga proses lain juga akan terhambat eksekusinya.

Contoh deadlock:

  1. Terdapat 2 proses kita sebut P1 dan P2 yang masing-masing membutuhkan 2 sumber daya yang sama, kita sebut: S1 dan S2.
  2. P1 meminta ijin untuk menggunakan S1 terlebih dahulu. Karena S1 memang sedang tidak ada yang menggunakan, maka S1 diberikan kepada P1.
  3. Pada waktu yang hampir bersamaaan, P2 meminta ijin untuk menggunakan S2. Karena memang S2 sedang tidak ada yang menggunakan, maka S2 diberikan kepada P2.
  4. Setelah P1 mendapatkan S1, langkah selanjutnya adalah meminta ijin untuk menggunakan S2. Karena S2 sedang digunakan oleh P2, maka P1 menunggu sampai S2 dibebasakan.
  5. Disisi lain, P2 sudah mendapatkan S2, yang kemudian meminta ijin menggunakan S1. Karena S1 sedang digunakan oleh P1, maka P2 menunggu sampai S1 dibebaskan.
  6. Situasinya akan menjadi P1 menunggu P2 melepaskan S2, padahal S2 akan dilepaskan jika P2 sudah mendapatkan S1(yang sedang digunakan P1) dan menyelesaikan prosesnya. Begitu juga sebaliknya.

Starvation

Starvation merupakan suatu kondisi yang terjadi setelah deadlock. Starvation terjadi jika suatu proses tidak mendapatkan resource yang diminta atau tidak dapat menjalankan critical sectionnya dalam jangka waktu yang sangat lama. Suatu proses dikatakan mengalami starvation jika proses tersebut tidak mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan dan mengalami penjadwalan yang buruk.penjadwalan berdasarkan prioritas akan memungkinkan proses dengan prioritas terendah tidak kebagian sumber daya krena disela oleh proses baru.Hal ini dapat diselesaikan dengan Aging dan round robin. Metode aging dilakukan dengan cara menaikkan prioritas proses sedikit demi sedikit pada proses yang berprioritas rendah seiring dengan watu tunggu.Sedangkan proses round robin dimana setiap proses mendapatkan unit satuan waktu CPU,setelah jatah waktu selesai,proses akan ditunda dan dimasukkan ke akhir dari ready queue.

Berikut contoh dari starvation :

  1. P1 menggunakan sumber daya S
  2. P2 dan P3 ingin menggunakan S, keadaan menunggu
  3. P1 melepaskan S, P3 diijinkan menggunakan S (bisa karena prioritas lebih tinggi)
  4. P1 membutuhkan S sebelum P3 selesai
  5. P1 diberikan akses ke S setelah P3 selesai
  6. P1 dan P3 bergantian menggunakan S, sedangkan P2 tidak pernah mendapatkan jatah menggunakan S.
loading...

Comments

Popular posts from this blog

Merepresentasikan Algoritma dengan Flowchart dan Pseudocode

  Merepresentasikan Algoritma dengan Flowchart Flowchart adalah jenis diagram (grafis tau simbolik) yang mewakili suatu algoritma atau proses-proses tertentu. Setiap langkah dalam algoritma diwakili oleh simbol yang sama atau berbeda dan berisi penjelasan singkat setiap langkah. Flowchart merepresentasikan algoritma dalam bentuk desain, simbol dan dijadikan dokumentasi dan kemudian dituangkan menjadi kode-kode program. Sebelum membuat flowchart, kita harus memahami unsur flowchart sebagai berikut : Input Percabangan ( biasanya menggunakan perintah if dan switch) Perulangan ( biasanya menggunakan perintah atau kode while, for, loop, each ) Output Flowchart biasanya digambar menggunakan beberapa simbol standar, namun tidak menutup opsi lain untuk menyertakan simbol-simbol di luar standar untuk digunakan jika memang diperlukan simbol tersebut di desain yang kita buat. Berikut ini simbol – simbol yang biasa digunakan dalam flowchart. Simbol simbol diatas adalah simbol dasar yang diguna...

Contoh Soal Data dalam Sistem Bahasa Pemrograman R

  Tuliskan pernyataan R untuk membuat deret bilangan berikut : x = [-5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3] y = [5 4 3 2 1] z = [1000000 1166667 1333333 1500000 1666667 1833333 2000000] p = [9 9 9 5 5 5] q = [1 1 1 2 2 2 1 1 1 2 2 2] Jawaban : > x <- seq (from=-5,to=3,length=9) > x [1] -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 > y <- seq (from=5,to=1,length=5) > y [1] 5 4 3 2 1 > z <- seq (from=1000000,to=2000000,length=7) > z [1] 1000000 1166667 1333333 1500000 1666667 1833333 2000000 > p <- rep(c(9,5),each=3) > p [1] 9 9 9 5 5 5 > q <- rep(c(1,2,1,2),each=3) > q [1] 1 1 1 2 2 2 1 1 1 2 2 2 Tuliskan pernyataan R untuk membuat frame data siswa berikut : No Jurusan asal_daerah usia 1 Komputer Bogor 25 2 Fisika Bogor 25 3 Komputer Bandung 25 4 Fisika Bandung 25 5 Komputer Bogor 26 6 Fisika Bogor 26 7 Komputer Bandung 26 8 Fisika Bandung 26 Jawaban : > jurusan <- c("Komputer","Fisika","Komputer","Fisika","Komputer...

Bahasa Sunda : Guguritan

Assalamualaikum wr.wb Oke daripada bingung mau ngeblog apa, kali ini saya mau share tentang materi Bahasa Sunda Kelas 10 tentang GUGURITAN Naon nu di maksud Guguritan? ( apa yang dimaksud dengan Guguritan ) Guguritan nya?ta puisi atawa wangun sastra nu diwangun / dianggit make patokan pupuh. Naon nu dimaksud Wawacan? ( apa yang dimaksud dengan wawacan ) Wawacan nya?ta wangun sastra nu diwangun / dianggit make patokan pupuh Naon nu dimaksud Guru Wilangan? ( apa yang dimaksud dengan Guru Wilangan ) Wawacan nya?ta jumlah engang (suku kata) dina unggal padalisan Naon nu dimaksud Guru Lagu? ( apa yang dimaksud dengan Guru Lagu ) Guru Lagu nya?ta sora tungtung (vocal) dina unggal padalisan Ciri Ciri Guguritan jeung Wawacan Ciri Ciri Guguritan Ciri Ciri Wawacan Siga (seperti) Sajak Siga (seperti) Novel Diwangun ku hiji atawa 2 pupuh Diwangun ku leuwih 2 pupuh Bentukna Pondok Bentukna Panjang Tabel pupuh wilangan disertai watek guru wilangan jeung guru lagu Pupuh ...
loading...